Sunday, October 22, 2017

LEXUS888.COM - APA YANG AKAN TERJADI PADA TUBUHMU JIKA KAMU MEMINUM KOPI SETIAP HARI?

LEXUS888.COM - APA YANG AKAN TERJADI PADA TUBUHMU JIKA KAMU MINUM KOPI SETIAP HARI?

Kopi adalah salah satu minuman terpopuler di dunia, dikonsumsi oleh jutaan orang setiap hari. tetapi kandungan gizi dalam kopi sering diperdebatkan. Kali ini kita akan membahas apakah meminum kopi setiap hari itu baik atau buruk untuk kesehatanmu.




Pertama, sebenarnya kopi hanya mengandung 1 kalori dalam setiap cup. tetapi kopi juga hanya mengandung sedikit protein. Kandungan yang terdapat dalam kopi itu unik dan kompleks karena kopi mengandung ribuan senyawa kimia aktif dan antioksidan yang bahkan dipercaya berperan penting dalam pencegahan penyakit. Anda mungkin pernah mendengar bahwa anggur merah / wine adalah minuman dengan kandungan antioksidan tertinggi. tapi setelah diteliti lebih dalam, rupanya kopi adalah minuman dengan kandungan antioksidan tertinggi. 

Kopi juga merupakan minuman yang cukup asam yaitu sekitar 5,0 pH. bagi kebanyakan orang, keasaman ini tidak menjadi masalah. tapi untuk sebagian orang yang memiliki penyakit asam lambung, keasaman ini tentu saja menjadi masalah. 

Apa kalian mengingat kapan pertama kali kalian meminum kopi? sepertinya semua orang memiliki kesan pertama yang sama yaitu membenci rasa pahit dari kopi. Kopi sudah terkenal sejak ratusan tahun. pada tahun 850 AD kopi ditemukan di sekitar Ethiopia. Pada tahun 1570 di Eropa kopi mulai menjadi trend dan diikuti Amerika pada tahun 1607. Dan hingga sekarang kopi adalah salah satu bagian besar dari gaya hidup zaman sekarang ( lifestyle zaman now LOL ). 

Kopi memiliki senyawa yang membuat kita merasa nyaman saat kita meminumnya. salah satu alasannya adalah ketika kita mengonsumsi kopi, kopi merangsang pelepasan dopamin ( neurotransmiter yang membuat kita merasa senang / bahagia / kecanduan ) di dalam otak. dan kopi juga memiliki kandungan kafein yang dapat membuat kita merasa waspada dan meningkatkan kinerja tubuh. Karena kopi memiliki khasiat yang sangat luar biasa ini, banyak orang meminum kopi di pagi hari sebelum beraktifitas. Bahkan ada beberapa orang yang merasa tidak dapat bekerja secara maksimal jiga tidak meminum kopi setiap hari. 


Oke, sekarang kita mulai membahas apakah kopi baik atau buruk untuk kesehatan. Seperti yang dijelaskan tadi, kopi mengandung zat antioksidan yang tinggi. dalam tubuh, antioksidan memegang peran penting dalam mengurangi rasa stress. Ini adalah keuntungan jika kamu sering mengonsumsi kopi: Kopi dapat membakar lemak! Kandungan kafein yang ada dalam kopi sebenarnya dapat membantu kamu untuk membakar lemak. Bahkan dapat melancarkan metabolisme tubuhmu sekitar 3-11% dari biasanya. Kopi jugadapat merendahkan resiko terkena diabetes sekitar 23-50%. dan juga merendahkan resiko terkena penyakit hati dan jantung.

Tapi kita juga terkadang mendengar adanya komplain tentang ketidak-sehatan meminum kopi. bagi beberapa orang, mereka yang meminum kopi dapat menyebabkan sakit perut, kembung, atau bahkan kepala pusing. terutama dari mereka yang mengonsumsi kopi dalam kondisi perut kosong. Bahkan kita bisa menjadi sering membuang gas ( kentut ) Mengapa demikian? Di dalam perut kita terdapat asam klorida yang kita butuhkan untuk mencerna makanan yang kita makan. Tetapi kopi menendang asam klorida yang ada dalam perut kita. jika kita sering mengonsumsi kopi tanpa mengisi perut, tubuh akan dengan sendirinya kehilangan minat untuk memproduksi asam klorida. akhirnya, proses pencernaan makanan akan melambat dan protein yang ada dalam makanan menjadi tidak tercerna lalu akan menghasilkan gas hidrogen sulfida ( gas haram yang luar biasa wangi semerbak ) lalu akan dikeluarkan tubuh, BOOM! 

Tetapi kentut hanyalah sebuah permulaan loh, seiring bertambahnya kadar asam lambung, muncul juga kemungkinan timbulnya penyakit maag, gangguan pencernaan, dan iritasi pada usus. Selain itu, zat pada kopi merangsang makanan untuk lebih cepat keluar dari perut kita. jadi makanan yang tidak menghabiskan waktunya di usus sebagaimana mestinya, vitamin, magnesium, dan mineral tidak terserap secara maksimal. dan akhirnya membuat kita kekurangan gizi. Kekurangan magnesium dapat membuat kita terkena penyakit seperti asma, pembekuan darah, tekanan darah tinggi. penyakit ginjal, kelelahan kronis, nyeri kronis, dan migrain. Dan bahkan  kalian akan menjadi lebih sering ke kamar mandi untuk membuang air kecil maupun air besar ( pup ).

Jadi baik buruknya kopi untuk tubuhmu itu sebenarnya tergantung dari badanmu sendiri. apa yang kalian rasakan ketika kalian meminum kopi? karena setiap orang tidak memiliki metabolisme yang sama. jika kalian rasa kopi dapat menunjang aktifitasmu, ya silahkan dikonsumsi secara berkala. tetapi ingat ya guys, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. jadi tetaplah mengonsumsi kopi sesuai dengan ala-kadarnya saja. Kalo carol sendiri sih ketika mengonsumsi kopi malah pusing, jadi carol sangat jarang minum kopi hehe. itu aja guys infonya. semoga bermanfaat dan selamat pagi! <3

No comments:

Post a Comment